Apa Itu Sablon Discharge?

✆ 087 8800 33233

Ibu Eka

Ruko pasar ceger Blok A1 No.5. Jurangmangu -  Tangsel

Sablon discharge sering disebut dengan istilah sablon cabut warna, yaitu suatu cara sablon manual yang dapat mengganti warna bahan kaos dengan warna hasil tintanya. Contoh, kaos polos merah disablon dengan tinta discharge dengan warna abu-abu. Seusai disablon warna bahan kaos yang tadinya merah berubah jadi abu-abu.

Dewasa ini, pemanfaatan sablon kaos yang biasa menggunakan teknik discharge mulai banyak ditemukan di beberapa clothing line Indonesia. Sesudah Unkl347 kian naik daun dengan tidak lagi menggunakan teknik lain dalam produksinya. Crooz pun turut serta dengan sablon discharge dalam produk kaos gelapnya.

Sablon Discharge

threadbird.com

Seiring berjalannya waktu, Peter Says Denim, WOLES, Skaters serta beberapa merk cadas lainnya mulai menggunakan teknik sablon discharge dalam memproduksi kaos-kaos mereka.

Tinta sablon discharge berasal dari hasil campuran tinta super white dengan binder pendukung khusus atau bubuk. Formula bubuk atau binder itu mampu mematikan zat warna yang menempel pada kain alami. Sehingga hasil dari sablon discharge ini begitu halus dan lembut, layaknya warna kain kaos alami.

Kaos Sablon Discharge

threadbird.com

Naasnya, sablon discharge tidak dapat digunakan di setiap bahan kaos. Hanya kaos katun murni saja yang membuat sablon discharge dapat diaplikasikan secara reaktif.

Sementara untuk kain sintetis, tinta sablon discharge tidak dapat difungsikan karena mengandung banyak polyester. Namun, sablon discharge sangat baik apabila diaplikasikan pada bahan kaos berwarna, khususnya warna biru dongker dan hitam.

Selain contoh-contoh kain diatas, setidaknya ada tiga warna kaos yang susah dicabut warnanya. Meskipun menggunakan teknik discharge. Antara lain adalah warna biru, warna ungu dan warna hijau. Asal berwarna gelap namun selain warna-warna tadi, maka kaos masih bisa disablon dengan teknik discharge.

Keunggulan Teknik Sablon Discharge

  • Menghasilkan kualitas sablon yang rata dengan bahan sekaligus lembut
  • Bahan sablon bebas retak dan luntur, sehingga awet dan tahan lama
  • Menghasilkan warna lebih alami
  • Proses pengerjaan relatif paling mudah dari teknik lainnya
  • Sangat cocok apabila diterapkan pada kaos warna gelap
  • Pangsa pasar kian tinggi, khususnya kaos clothing line

Kekurangan Teknik Sablon Discharge

  • Susah diterapkan pada kaos desain full warna
  • Tidak cocok pada warna ungu, hijau dan biru
  • Tidak semua jenis kaos cocok menggunakan sablon discharge
  • Warna tinta menurun 10 sampai 30 persen saat turun cabut kaos. Sesuai dengan kadar reaktifitas tingkat gelap warna serta bahan.

POST REPLY