Ini Lho Perbedaan Konveksi Kaos, Garmen dan Tailor

✆ 0822-1603-6341

Bapak Fadil

Ruko pasar ceger Blok A1 No.5. Jurangmangu -  Tangsel

Apa sih bedanya konveksi kaos, garmen dan tailor? Dari segi bentuk kah? Atau dari sisi lainnya? Hmm.. segelintir orang masih awam masih mempertanyakan dimanakah sisi perbedaan antara konveksi kaos, garmen dan tailor.

Meskipun sama-sama di bidang menjahit pakaian, nyatanya ketiga istilah tersebut memiliki sejumlah perbedaan. Entah itu perbedaan dari segi kuantitas produksi, jumlah produksi dari tiap segmen atau macam produk yang telah dihasilkan.

Di bawah ini merupakan penjelasan terkait perbedaan antara konveksi kaos, garmen dan tailor. Mau tahu? Yuk, baca sampai tuntas!

Garmen

Garmen

flickr.com

Ngomongin soal garmen, pastinya kamu bayangin kalau itu adalah sebuah pabrik yang berisi berton-ton kain, ada ribuan karyawan berjajar yang fokus dengan mesin jahitnya masing-masing.

Dari sisi jumlah produksi, garmen tidaklah sama dengan konveksi kaos dan tailor. Peluang pasar yang mereka tuju juga berbeda. Umumnya garmen menyediakan barang-barang ke supermarket, mall dan sebagainya.

Garmen menerapkan sebuah metode ciri khas-nya yang bernama CMT, yakni singkatan dari Cut, Make and Trim. CMT adalah pemisahan jobdesk pokok yang diawali dari memotong, menjahit hingga ke tahap penyelesaian akhir alias finishing. Tiap-tiap jobdesk pokok tersebut dieksekusi oleh bagiannya masing-masing.

Garmen memiliki produk yang tidaklah sama dengan tailor maupun konveksi kaos. Sebagian garmen ada yang fokus menyelesaikan satu bagian saja. Contoh, kaos polos yang dikerjakan oleh suatu garmen. Maka order yang mereka terima sebatas kaos polos saja.

Mereka yang menerima order kemeja, maka produk yang mereka kerjakan hanya sebatas kemeja saja. Umumnya produk garmen berjumlah ribuan. Oleh karena itu, produk dari garmen ini tidak eksklusif seperti halnya tailor dan kaos. Tak heran jika awal mula perusahaan garmen rata-rata menjadi konveksi terlebih dahulu.

Konveksi Kaos

Konveksi Kaos

Konveksiandalas.com

Sama halnya seperti garmen, namun konveksi kaos melakukan proses CMT secara terpadu. Walaupun konveksi kaos mampu menerima order hingga skala besar, yakni ribuan. Akan tetapi, konveksi kaos belum mampu menjalankan segmentasi pekerjaan.

Inilah yang memyebabkan proses controling dan finishing harus diawasi secara realtime, bahkan perlu dilakukan koreksi langsung. Ringkasnya, konveksi kaos cenderung lumayan luwes. Kenapa? Karena konveksi kaos mampu menampung order dari jumlah sedikit hingga ribuan, layaknya garmen.

Adanya keluwesan dalam konveksi kaos menjadikan mutunya dapat dikontrol secara langsung. Sayangnya, sistem konveksi kaos masih kurang rapi. Tidak seperti garmen.

Dampak yang ditimbulkan adalah pengerjaan menjadi telat, adanya perbedaan kesesuaian produk serta hal-hal lain yang masih dianggap ‘wajar’ oleh kalangan konveksi kaos.

Seiring berjalannya waktu, konveksi kaos telah berubah menjadi perusahaan yang siap memenuhi persyaratan menjadi garmen. Tentunya dengan menggunakan nama yang sama sebagai konveksi kaos. Sebagaimana adanya keluwesan dalam sistem konveksi kaos.

Tailor

Tailor

fashionbeans.com

Tailor sejatinya bersifat eksklusif. Beberapa produk yang dibuat tailor bukanlah kaos atau bahkan outfit santai lainnya. Melainkan pakaian yang bersifat formal sama semiformal. Dalam hal ini, tailor lebih memprioritaskan kualitas daripada kuantitas.

Target pasar yang mereka tuju bukan lagi perusahaan skala besar, apalagi mall dan supermarket. Tailor diciptakan untuk memenuhi order yang benar-benar menyesuaikan ekspektasi perorangan.

Mulai dari segi bahan, ukuran sampai model. Semuanya dikontrol dengan baik demi mendapatkan hasil memuaskan dalam kebutuhan pemesanan. Wajar, jika produk dari tailor harus dibandrol dengan harga tinggi. Karena mutu dan kualitasnya telah terjamin.

Bila konveksi kaos dan beberapa konveksi lain dapat berkembang menjadi garmen. Maka tailor pun justru berbeda. Mereka lebih menyasar ke arah perkembangan butik. Sehingga tailor lebih mengejar brand eksklusif ketimbang skala produksi.

POST REPLY