Cara Mudah Cetak Sablon Kaos Untuk Pemula

✆ 087 8800 33233

Ibu Eka

Ruko pasar ceger Blok A1 No.5. Jurangmangu -  Tangsel

Tak bisa dipungkiri, jika sablon kaos adalah sebuah jasa yang mempunyai banyak peminat. Dari yang muda, hingga tua sekali pun. Hampir semua produk yang tersebar di pasaran kerap kali menggunakan sablon sebagai salah satu teknik cetaknya.

Nah, buat Anda yang memang sudah dari dulu tertarik untuk membuaka peluang usaha sablon kaos. Sepertinya Anda harus membaca artikel ini sampai akhir. Kenapa? Karena kami akan mengulas tentang bagaimana cara sablon kaos yang benar dan efektif.

Perlu Anda ketahui, bahwa metode yang kami gunakan dalam membuat tutorial cara sablon kaos ini bersifat manual. Sehingga sistem komputerisasi belum dibutuhkan.

Cara Sablon Kaos (2)

advertisingku.com

Peralatan Cetak Sablon Kaos

Mula-mula siapkan alat dan bahan untuk membuat sablon pada kaos, seperti berikut ini:

  • Kaos polos, berwarna putih atau cerah
  • Papan triplek seukuran lebar kaos yang akan digunakan
  • Screen atau rangka, dengan motif atau gambar yang sebelumnya telah dicetak/afdruk
  • Air secukupnya
  • Rakel yang telah dipasang
  • Tinta sablon tekstil
  • Lakban dan sejumlah lembaran plastik
  • Kain katun perca

 

Langkah-langkah Cetak Sablon Kaos

  1. Kaos disiapkan, kemudian tatakan triplek dimasukkan pada kaos supaya tidak merembes ke sisi belakang kaos. Sehingga kaos akan stabil saat memasuki proses penyablonan
  2. Taruhlah screen/rangka/kasa sablon tepat di sisi atas kaos. Sesuaikan rancangan letak gambar yang telah dibuat. Jika lebih dari satu warna, maka sekatlah gambar lainnya dengan selembar selotip dan plastik secukupnya.
  3. Letakkan rangka/screen berdasarkan rancangan yang telah dibuat
  4. Lalu tuangkan tinta di sisi pojok gambar bagian atas. Tepatnya sesuai dengan posisi Anda saat menghadap objek. Kemudian, gunakan rakel untuk menarik cat sablon itu ke bawah. Tekan dengan rata, cukup satu kali tarikan saja.
  5. Jika hanya satu warna sablon saja, maka sablon kaos tersebut telah dianggap selesai. Jika Anda ingin melihat hasilnya, maka angkatlah screen dengan pelan, lalu jemur kaos tersebut hingga kering.
Cara Sablon Kaos

sablontaskaos.com

Proses Pemberian Warna Kedua dan Warna-warna Berikutnya

  1. Bersihkan tinta dengan mencuci bagian rangkanya. Selanjutnya siapkan gambar sisi yang lain. Kemudian tutup sisi lainnya menggunakan selotip dan plastik.
  2. Posisikan kaos yang telah disablon dengan warna pertama yang ada di meja sablon tersebut. Perlu diingat bahwa penempatan posisi screen benar-benar harus diperhatikan agar hasilnya tidak mengecewakan
  3. Hasil sablon kaos tadi kemudian diatur, lalu ulangi langkah 2 sampai 4 tadi untuk pemberian warna kedua.
  4. Ulangi langkah penyablonan tersebut hingga selesai. Sesuai dengan warna terakhir yang Anda inginkan.

 

Proses Pasca Cetak Sablon Kaos

Terdapat tiga hal atau lebih yang umumnya harus Anda laksanakan susai melakukan proses cetak sablon kaos.

Proses Pengeringan

Tiap tinta cetak membutuhkan durasi waktu agar dapat mengering secara sempurna. Belum tentu tinta itu kering sempurna, padahal Anda sudah sudah permukaannya dan terasa mengering.

Maka dari itu, wajib sekali untuk mengenal ciri khas tinta cetak yang biasa Anda pakai. Dalam proses ini, Anda bisa menjalankannya melalui penjemuran (proses alami) atau dengan kipas angin atau blower (bantuan mesin)

Proses Curing

Proses ini membutuhkan beberapa peralatan khusus agar dapat mengeringkan beberapa jenis tinta tertentu saja. Contoh, pada tinta jenis plastisol yang memerlukan proses pemanasan dalam suhu panas antara 143 hingga 146 derajat Celcius menggunakan flash heater atau conveyer.

Tinta Karet/Rubber/GL pun juga membutuhkan proses curing dengan mengandalkan mesin hot press yang beroperasi dengan suhu sekitar 110 hingga 130 derajat Celcius.

Proses Burning

Terdapa jenis-jenis tinta tertentu yang memerlukan treatment semacam ini. Intinya, proses ini memanggang atau membakar tinta hingga ke titik pengeringan sempurna.

POST REPLY