Mengenal 3 Bahan Kaos Paling Terkenal di Dunia

✆ 0822-1603-6341

Bapak Fadil

Ruko pasar ceger Blok A1 No.5. Jurangmangu -  Tangsel

Hal paling penting dalam proses produksi konveksi kaos ialah pemilihan bahan kain. Ya, seperti kita tahu bahwa banyak sekali jenis bahan kain kaos yang ada di pasaran. Beberapa macam model bahan kaos sejatinya juga diaplikasikan sesuai dengan keperluan masing-masing.

Umumnya bahan kain kaos yang biasa dipakai dapat dibagi menjadi dua, yakni bahan kain kaos sintetis dan bahan kain kaos organik. Bahan kaon kaos sintetis memiliki kandungan antara kimiawi dan minyak bumi yang telah diproses agar menjadi bahan kain kaos baru.

Sementara bahan kain kaos organik komposisi utamanya hanya bersumber dari alam. Lazimnya berasal dari kapas lalu diolah agar menjadi katun.

Bahan sintesis sangat cocok dalam produksi kaos khusus keperluan olahraga atau beberapa aktifitas lapangan lainnya. Di samping itu, bahan sintesis juga mampu menurunkan intensitas global warming yang kian mengkhawatirkan.

Di tanah air, beragam campuran bahan sintesis kerap diandalkan produsen konveksi kaos dalam beberapa keperluan umum, seperti konser, olahraga, aktifitas outdoor bahkan kampanye.

Polyester

polyester

diffen.com

Selaras dengan namanya, Polyester ialah bahan serat sintetis yang berasal dari bahan ester. Ester adalah produk sampingan minyak bumi yang diproses menjadi bahan serat dengan naman Fiberpoly. Polyester dapat dimanfaatkan pada bahan kaos dalam kegiatan outdoor.

Karakternya yang terbuat dari plastik alias fiber, maka kain macam ini bersifat lebih tipis, elastis dan sulit dalam hal penyerapan keringat. Oleh karena itu, ester tidak cocok sebagai penggunaan rumahan

Rata-rata produsen kaos yang masih awam menilai bahwa bahan polyester dibuat khusus hanya untuk keperluan kaos murah saja. Namun jika didalami lagi, polyester malah banyak dipakai pada jersey golf mahal yang kini sudah ada di pasaran.

Akan tetapi, polyester yang diaplkikan disini ialah yang bertipe premium. Tipe tersebut merupakan hasil produksi terbaik. Tidak hanya golf, bahan polyester juga biasanya ada pada jersey olahraga yang lain.

Viscose

Viscose

fibre2fashion.com

Dapat dikatakan bahwa viscose termasuk bahan campuran organik sintesis yang murah dan terbaik di kelasnya. Komposisi kain viscose berasal dari serat kayu sejenis pohon pinus yang dicampurkan dengan komposisi serat sintesis celulosa organic. Kemudian jadilah sebuah bahan kain yang permukaannya licin nan lembut.

Komposisi viscose biasa terkenal dengan istilah rayon. Teksturnya hampir sama dengan tekstur kapas. Viscose umumnya dipakai sebagai penambah kenyamanan serat sintesis, sekaligu juga penambah tingkat kecerahan warna.

Serat viscose memiliki tingkat tahan kelembaban yang lumayan tinggi. Disertai dengan kecemerlangan warna sempurna, bahkan lembut daripada kapas. Komposisi viscose cenderung bersifat licin dan jatuh. Oleh karena itu, ia sukar dilipat dan tidak kaku.

Sejenak memang terkesan sempurna, akan tetapi viscose nyatanya mempunyai kekurangan. Yaitu tidak bisa direndam pada deterjen selama lebih dari satu jam. Di sisi lain, komposisi viscose juga gampang brudul apabila disikat.

Hyget

galihsugihtenan.com

Macam bahan ini berasal dari plastik, cenderung sangat tipis. Sehingga wajar jika hyget murni adalah kelas terendah dari seluruh bahan kaos sintesis yang tersedia di pasaran.

Hyget kerap digunakan dalam produksi kaos jumlah banyak meskipun dengan dana minim karena harganya yang begitu murah. Contoh dalam pembuatan seragam promosi atau kampanye partai politik dan sebagainya.

Meskipun termasuk bahan paling tipis nan murah, nyatanya hyget masih memiliki jenis lain yang mempunyai kualitas lebih baik. Yaps, sebut saja hyget super. Hyget ini merupakan pengembangan proses bahan hyget murni.

POST REPLY